MAKALAH
TUGAS MANDIRI
“peran teknologi
informasi dalam DUNIA bisnis”
(Makalah ini disusun guna memenuhi
tugas mata kuliah IT For Bussines)
DISUSUN
OLEH:
Nama : Idayanti
Npm : 1173004
Prodi :
EI B
Semester : IV (Empat)
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGRI
(STAIN) JURAI
SIWO METRO
2012/1013
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga
makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Shalawat dan salam tetap
tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam makalah ini penulis mengangkat
sebuah judul Tekonologi
Informasi Dalam Dunia Bisnis. Oleh
karena itu, penulisan makalah ini sangat penting bagi pengembangan keilmuan dan
peningkatan proses belajar.
Tidak lupa
ucapan terima kasih kepada Dosen Pembimbing Mata Kuliah IT For Bussinees yang telah memberikan tugas ini, serta kepada seluruh pihak yang
turut serta membantu penyaji makalah dalam menyelesaikan makalah ini. Yang
terakhir, dengan segala kekurangan yang terdapat dalam makalah ini, penulis
selalu berharap agar para pembaca bersedia mamberikan kritikan membangun. Dan
semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa.
Metro, 25 Maret 2013
Penulis.
Idayanti
DAFTAR ISI
Halaman Judul .............................................................................................. i
Kata Pengantar............................................................................................ ii
Daftar Isi...................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang..........................................................................................
2. Rumusan Masalah.....................................................................................
3. Tujuan Penulisan.......................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pendapat Mengenai Teknologi
Informasi dan Bisnis...............
B.
Peran
Teknologi Informasi Bagi Dunia Bisnis..........................
C.
Bentuk
Komunikasi Bisnis di Era Teknologi Informasi..........
D.
Alasan Menerapkan Teknologi
Informasi Dalam Bisnis.........
E.
Strategi Penggunaan Teknologi
Informasi Dalam Bisnis........
F.
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Bisnis..............................
G.
Dampak Teknologi
Informasi Dalam Bisnis.............................
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa
sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau
pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi
didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan
perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer,
komunikasi, dan elektronik digital. Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan
Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal
sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan
komunikasi internet. E-Commerce merupakan bentuk perdagangan terbaru yang kian
memudahkan penggunaannya kini adalah E-commerce.
Secara umum, E-Commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi
perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media
elektronik. Di dalam E-Commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan
atau perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public
network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.
B. RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah merupakan hal-hal apa saja yang akan dikaji oleh peneliti.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai
berikut :
1)
Bagaimana Pendapat Mengenai
Teknologi Informasi dan Bisnis?
2)
Bagaimana Peran Teknologi Informasi Bagi Dunia Bisnis?
3)
Bagaimana Bentuk Komunikasi Bisnis di Era Teknologi
Informasi?
4)
Bagaiman Alasan Menerapkan
Teknologi Informasi Dalam Bisnis?
5)
Bagaimana Strategi Penggunaan
Teknologi Informasi Dalam Bisnis?
6)
Bagaimana Aplikasi
Teknologi Informasi Dalam Bisnis?
7)
Bagaiman Dampak Teknologi
Informasi Dalam Bisnis?
C. TUJUAN
Tujuan dari dilakukannya penulisan
makalah ini selain sebagai tugas IT For Bussiness, pendidikan SI, Ekonomi
Islam, jurusan Syariah juga sebagai berikut :
1)
Untuk Mengetahui Pendapat Mengenai Teknologi Informasi dan Bisnis.
2)
Untuk Mengetahui Peran Teknologi Informasi Bagi Dunia
Bisnis.
3)
Untuk Mengetahui Bentuk Komunikasi Bisnis di Era Teknologi
Informasi.
4)
Untuk Mengetahui Alasan Menerapkan Teknologi Informasi Dalam Bisnis.
5)
Untuk Mengetahui Strategi Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Bisnis.
6)
Untuk Mengetahui Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Bisnis.
7)
Untuk Mengetehui Dampak Teknologi
Informasi Dalam Bisnis.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pendapat
Mengenai Teknologi Informasi dan Bisnis
1.
Kamus oxpord (1995), Teknologi informasi adalah study
atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan,
menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata,
bilangan dan gambar.
2.
Alter (1992), Teknologi Informasi mencakup perangkat
keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas
pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan mengambil,
memanipulasi, atau menampilkan data.
3.
Martin (2002), Teknologi informasi tidak hanya
terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang
digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup
teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
4.
Lucas (2000), Teknologi Informasi adalah segala bentuk
teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam
bentuk elektonis.
Sedangkan
bisnis Secara etimologi, adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang
sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis"
sendiri memiliki tiga penggunaan, kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha,
yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari
laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor
pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang
paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas
penyedia barang dan jasa.
Jadi,
dapat diambil kesimpulan bahwa bisnis adalah suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan
keuntungan. kata bisnis dari bahasa Inggris business, yaitu kata dasar busy
yang berarti "sibuk" dalam konteks individu maupun komunitas, ataupun
masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan yang bayak.
Jadi disini
teknologi dan bisnis sebagai hal yang dapat dikaitkan sebagai pola yang saling
memberi keuntungan satu sama lain. Jika tidak ada teknologi maka bisnis akan
menjadi terbelakang dan tidak akan maju untuk memenuhi tuntutan zaman.
B. Peran Teknologi Informasi Bagi Dunia Bisnis
Bagi dunia bisnis, teknologi informasi awalnya digunakan seperti halnya
jejaring listrik, distribusi air, dan jejaring utilitas lain. Ini merupakan
sumber yang penting, tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil.
Perusahaan-perusahaan memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh
dari penyediaan layanan yang dikelola secara monopoli. Hari ini, para pengguna
korporat meletakkan bersama keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka,
memotong-pintas jejaring publik sebagian atau seenuhnya. Deregulation dan
teknologi digital baru telah mengizinkan perusahaan untuk secara sadar merancang
dan mengoperasikan TI internal dan privat untuk meningkatkan posisi kompetitif
mereka. Apa yang dulunya merupakan biaya untuk menjalankan bisnis, sekarang
menjadi sumber keuntungan kompetitif.
Layanan TI sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari
pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan
kepariwisataan. Jejaring privat ini hadir di semua industri global, di mana
perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis
berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective, leluasa,
aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal
tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan
besar memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri jejaring privat.
Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan
marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas
video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan
disain manufaktur.
Perusahaan-perusahaan kecil lebih terbatas kemampuannya untuk mengembangkan
jejaring TI sendiri ataupun untuk menyewa, karena besarnya biaya. Ini menjadi
pilihan yang ekonomik hanya jika organisasi tersebut cukup besar untuk
menimbulkan cukup trafik untuk menghasilkan penghematan. Oleh karena ini,
perusahaan-perusahaan global merupakan pihak-pihak yang pertama yang mengadopsi
TI baru. Sektor-sektor yang sangat bergantung pada TI mencakup, antara lain
perusahaan-perusahaan layanan finansial.
Pada ruang lingkup yang lebih luas, sebagai contoh pada lingkungan bisnis,
kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi
yang dapat membantu proses bisnis yang ada. Departemen TI pada sebuah
perusahaan mulai dibangun dan secara konstan diminta untuk mengembangkan suatu
layanan, mengembangkan suatu sistem, dan mengoptimalkan efesiensi bisnis
berbasis teknologi informasi.
Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik
dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang
mendayagunakannya. Saat ini kehidupan manusia mulai bergeser ke kehidupan
komputasi persasif, suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai
bagian dari kehidupan manusia kapan dan dimana saja. Hal ini dapat diilihat
dari prilaku manusia yang sudah mulai terbiasa dengan komputer, sudah mulai
terbiasa dengan internet, dan sudah mulai merasakan bahwa sekumpulan
kebutuhannya dapat dibantu oleh teknologi informasi.
C. Bentuk Komunikasi Bisnis di Era Teknologi Informasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau
informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang
positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah
persepsi dan apresiasi.
Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu
perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang
menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat
aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut
hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT ).
Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan
informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan,
bahkan, dalam menghadapi persaingan.
1. Telepon
Sebagai media Komunikasi Bisnis
Pada awalnya, komunikasi dalam dunia bisnis dilakukan dengan menggunakan
suatu perangkat komunikasi yang disebut telepon, dimana dengan alat ini para
pelaku bisnis dapat menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan pihak lain
dalam rangka menjalankan bisnisnya.
2.
Internet sebagai salah satu media Komunikasi Bisnis
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang
mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di
internet:
1)
Informasi untuk kehidupan pribadi seperti, kesehatan,
rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2)
Informasi untuk kehidupan profesional atau pekerja,
seperti sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis,
asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal
batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang
biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas
dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati
segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar
pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah
waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi
bagian dari masyarakat informasi dunia.
Situs web perusahaan misalnya, menyediakan berbagai informasi. Banyak
perusahaan dewasa ini menggunakan situs web unutk mengiklankan produk, menerima
pesanan produk, meminta umpan balik pelanggan dan menerima karyawan. Mereka
juga menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan kelompok terpilih
(pilihan).
Salah satu penggunaan internet sebagai media komunikasi bisnis adalah
dengan penggunaan email, karena email adalah sarana internet yang bisa
menyajikan tulisan.
D. Alasan
Menerapkan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
- Teknologi informasi memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai bagian yang berbeda dalam organisasi dan menyediakan banyak informasi ke manager. Sebagai contoh sistem informasi eksekutif (executive Information System atau EIS) mempengaruhi aliran informasi secara vertikal dalam perusahaan. Pihak manajemen atas memiliki akses informasi yang lebih besar dan mengurangi ketergantungan sumber informasi terhadap manajemen menengah. Jaringan telekomunikasi memungkinkan informasi mengalir dengan mudah di antara departemen dan devisi yang berbeda.
- Teknologi informasi juga mempengaruhi proses pengembangan strategi pemasaran karena teknologi informasi memberikan lebih banyak informasi ke manager melalui sistem pengambilan keputusan (decision Support System atau DSS)
- Teknologi informasi mempengaruhi antarmuka-antarmuka organisasi dengan lingkungan seperti pelaggan dan pemasok. Sestem antar organisasi yang dilengkapi dengan pertukaran data elektronik (EDI) menciptakan hubungan yang lebih dekat antara organisasi dan pemasok, memfasilitasi manajemen sediaan yang lebih efisien dan memungkinkan pendekatan tepat waktu dalam melakukan pemesanan kembali
E. Strategi
Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
Strategi penggunaan teknologi informasi business menuju keunggulan yang
kompetitif :
- Strategi Biaya, yaitu menjadikan produsen dengan biaya yang rendah, memberikan harga yang lebih murah terhadap pelanggan, menurunkan biaya dari pemasok, atau meningkatkan biaya pesaing untuk tetap bertahan di industri.
- Strategi diferensiasi, yaitu mengembangkan cara-cara untuk membedakan barang jasa yang dihasilkan perusahaan terhadap pesaing sehingga pelanggan menggunakan produk/jasa karena adanya manfaat atau fitur yang unik.
- Strategi inovasi, yaitu memperkanalkan barang jasa yang unik, atau membuat perubahan yang radikal dalam proses bisnis yang menyebabkan perubahan-erubahan yang mendasar dalam pengelolaan bisnis.
- Strategi pertumbuhan, yaitu dengan mengembangkan kapasitas produksi secara signifikan, melakukan ekspansi ke dalam pemasaran global, melakukan diversifikasi produk/jasa baru, atau mengintegrasikan ke dalam barang jasa yang terkait.
- Strategi aliansi, yaitu membentuk hubungan dan aliansi bisnis yang baru dengan pelanggan, pemasok, pesaing dan lain.
Mewujudkan tehnopreneur dalam menyongsong gelombang baru bisnis teknologi. Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technologi)
semakin meluas dan menyentuh hampir setiap aktivitas manusia. Hal ini karena
teknologi informasi telah memberikan manfaat yang sangat berarti dalam
perkembangan kehidupan manusia di dalam segala aktifitasnya.
Kemajuan yang dicapai diawali dengan riset dan temuan-temuan baru dalam
bidang teknologi informasi yang kemudian dikembangkan sedemikian rupa sehingga
memberikan keuntungan bagi penciptanya. Fenomena perkembangan bisnis dalam
bidang teknologi informasi diawali dari ide-ide kreatif di beberapa pusat riset
yang mampu dikembangkan sehingga memiliki nilai jual di pasaran. Penggagas ide
dan kreator produk dalam bidang teknologi ini sering disebut dengan nama
Teknoprener.
Karena mereka mampu menggabungkan antara ilmu pengetahuan yang dimiliki
melalui kreasi atau ide produk yang diciptakan dengan kemampuan berwirausaha
melalui penjualan produk yang dihasilkan di pasaran. Jadi Teknoprener itu
sendiri merupakan gabungan dari (kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi)
dengan Kewirausahaaan.
Saat ini perkembangan bisnis dalam bidang teknologi sebagian besar
dikarenakan terjadi sinergi antara pemilik ide kreatif (teknoprener) yang
dikembangkan diberbagai pusat riset dengan penyedia modal yang akan digunakan
usaha. Hubungan antara ketiga unsur tersebut kemudian mendorong berkembangnya
bisnis teknologi yang ada di beberapa negara, misalnya di Sillicon
Valley-Amerika Serikat, Bangolaro-India dan beberapa negara lainnya.
F. Aplikasi
Teknologi Informasi Dalam Bisnis
Secara umum masyarakat mengenal produk informasi
dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak dan infrastruktur. Perangkat
keras meliputi input (keyboard, monitor,touch screen, scanner, mike, camera
digital, perekam vidio, barcode reader, maupun alat digitasi lain dari bentuk
analog ke digital). Perangkat keras ini bertujuan untuk menerima masukan
data/informasi ke dalam bentuk digital agar dapat diolah melalui perangkat
komputer.
Selanjutnya terdapat perangkat keras pemroses lebh
dikenal sebagai CPU dan memori komputer. Perangkat keras ini berfungsi untuk
mengolah dan mengelola sestem komputer dengan dikendalikan oleh sestem operasi
komputer. Selain itu terdapat perangkat keras penyimpan data baik yang bersifat
tetap (hard disk) maupun portabel (removable disk). Perangkat keras berukutnya
adalah output yang menampilkan hasil olahan komputer kepada pengguna melalui
monotor, printer, speaker, LCD maupun bentuk respon lainnya.
Selanjutnya dalam perangkat lunak dibedakan sistem
operasi (misalnya Windows, Linux, atau Mac) yang bertugas untuk mengelola hidup
matinya komputer, menghubungkan media input dan output serta mengendalikan
berbagai perangkat lunak aplikasi maupun utiliti di komputer. Sedangkan
perangkat aplikasi adalah program praktis yang digunakan untuk membantu
pelaksanaan tugas yang spesifik seperti menulis, membuat lembar kerja, membuat
presentasi, mengolah database dan lain sebagainya.Selain itu terdapat juga
program utiliti yang membantu sestem operasi dalam pengelolahan fungsi tertentu
sperti fungsi manajemen memori, keamanan komputer dan lain-lain.
Pada aspek infrastruktur, kita mengenal ada istilah
jaringan kompoter baik yang bersifat terbatas dan dalam kawasan tertentu
(misalnya satu gedung) yang dekenal dengan nama Local Area Network maupun
jaringan yang lebih luas, bahkan bisa meliputi jaringan yang lebih luas yang
dikenal sebagai Wide Area Network (WAN). Saat ini, aspek infrastruktur dalam
teknologi informasi sering disatukan dengan perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi. Perangkat PDA (Personal Digital Assistant) yang berperan
sebagai komputer genggam tetapi sarat dengan fungsi komunikasi (baik Wi-Fi,
blutooth maupun GSM) merupakan salah satu contoh diantaranya
Perangkat keras (baik input, pemroses, penyimpan
maupun output), perangkat lunak serta infrastruktur ketiga-tiganya memiliki potensi
besar untuk meningkatkan efektifitas maupun efisiensi manajemen informasi
perusahaan.
G.
Dampak Teknologi Informasi Dalam Bisnis
Suatu perkembangan teknologi dapat memiliki peranan penting
dalam kehidupan manusia. Namun, di sisi lain juga memiliki dampak dalam
kehidupan manusia. Terutama kaitannya di bidang pemasaran yang terjadi dalam
proses jual beli di suatu perusahaan atau badan usaha untuk mempromosikan
produknya. Dampak dari teknologi di bidang pemasaran dapat berupa dampak
positif atau yang membawa kemajuan, tetapi juga dapat berupa dampak negatif
atau yang membuat kemunduran.
Salah satu dampak positif dari teknologi dalam kehidupan
manusia, terutama di bidang pemasaran yakni proses penyampaian informasi secara
cepat. Jika zaman dulu, dalam memasarkan produk harus menunggu beberapa minggu
atau beberapa bulan baru tersampaikan. Tetapi, pada zaman sekarang ini, dengan
kemajuan teknologi informasi para penjual maupun pembeli tidak perlu menunggu
lama-lama untuk dapat melihat produk. Karena dapat diakses melalui sebuah
jaringan internet maupun situs-situs terkait.
Dampak positif yang lain dari perkembangan teknologi adalah
proses transaksi yang dapat berlangsung secara cepat. Tidak perlu antri lama -
lama di kmtor pos untuk mengirim maupun mengambil uang. Adanya fasilitas ATM
(Anjungan Tunai Mandiri) adalah salah satu sarana penunjang dalam sebuah
kelancaran pemasaran barang dan jasa. Pengenalan produk barang dan jasa suatu
perusahaan maupun badan usaha melalui media periklanan, baik itu media
elektronik maupun media cetak. Seperti televisi, pemasangan iklan lewat
internet yang saat ini banyak beredar. Dan media cetak seperti koran, majalah,
buletin. Merupakan bukti adanya dampak yang berpengaruh baik atau positif bagi
teknologi yakni dibidang pemasaran. Perkembangan teknologi yang terus
berkembang membuat massyarakat dalam menjalankan kehidupannya menjadi semakin
maju dan tidak gagap teknologi. Artinya dapat mengikuti perubahan zaman yang
terjadi yang ditandai dengan adanya perubahan dan pengembangan teknologi yang
berproses secara bertahap.
Dampak negatif atau dampak yang kurang baik bagi teknologi
dibidang pemasaran salah satunya adalah adanya kesenjangan sosial. Dalam
kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksamaan pemerataan peranan
teknologi sangat besar, karena perkembangan teknologi berkaitan erat dengan
stratifikasi sosial. Dalam hal ini surplus ekonomi dalam kaitannya dengan
pemasaran dianggap berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Dengan
demikian maka, penetapan teknologi rendah maupun teknologi tinggi sangat
berdampak terhadap kesenjangan sosial.
Dampak negatif yang lainnya adalah dibidang sosial ekonomi
teknologi. Dalam hal ini, teknologi mungkin memiliki wajah yang
revolusioner. Meskipun banyak pendapat mengenai peran teknologi dalam
masyarakat, namun satu hal yang pokok bahwa teknologi merupakan salah satu
faktor yang dapat mengubah tatanan suatu masyarakat sehingga memiliki wajah
yang lain sama sekali. Dikatakan demikian karena dulu ketika ditemukan
teknologi peleburan besicangkul, dan baju, lahirlah revolusi pertama dalam
sejarah manusia, yaitu pertanian. Namun
dari segi-segi tertentu, teknologi telah membuat perubahan bentuk maupun
kapasitas sehingga menghilangkan ciri khas personal dalam sebuah produk.
Dampak sosial teknologi jauh sekali terasa bila melalui proses alih teknologi.
Penggunaan sebuah teknologi baru (yang belum tentu sesuai dengan karakter
lokal) menuntut penyesuaian struktur sosial budaya dengan cepat. Akibatnya,
masyarakat tersebut akan mengalami suatu kondisi kritis yang dapat berujung
pada sebuah kelompok atau kesatuan baru, mungkin malah terjadi perselisihan
atau perpecahan. Kenyataan menunjukkan bahwa kepentingan ekonomi dan politik
sangat mempengaruhi penerimaan alih teknologi, termasuk di dalamnya kepentingan
ekonomi dan praktek dari negara pengalih teknologi.
BAB III
PENUTUP
Aplikasi teknologi informasi dan komunikasi dalam
praktek komunikasi bisnis telah memberikan hasil yang positif terhadap dunia
bisnis dimana para pelakunya dapat bersaing dengan para competitor dan dapat
diterima oleh pasar secara global. Peran dari teknologi informasi dan
komunikasi bisnis dapat menintegrasikan semua proses bisnis. Dalam teknologi
informasi dan komunikasi, perusahaan mampu menerapkan berbagai startegi yang
diterapkan.
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut
manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang
tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat
dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru
bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia.
Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu
perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang
menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat
aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut
hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT ).
Walaupun praktek komunikasi bisnis menggunakan peran teknologi informasi
dan komunikasi akan tetapi keberhasilan komunikasi itu disebabkan oleh
kemampuan dari individu itu sendiri.
DAFTAR
PUSTAKA
v http://forum.kompas.com/internet/206391-dampak-positif-negatif-perkembangan-teknologi-informasi.html.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar