Kamis, 07 Februari 2013

pengertian marketing/pemasaran


Pengertian Marketing Atau Pemasaran

Marketing / Pemasaran didefinisikan oleh AMA sebagai "aktivitas, seperangkat institusi, dan proses untuk membuat, berkomunikasi, memberikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya."
Ini menggantikan definisi sebelumnya, yang masih muncul dalam kamus AMA: "fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan nilai pengiriman ke pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemangku kepentingan."  Ini menghasilkan strategi yang mendasari teknik penjualan, komunikasi bisnis, dan perkembangan bisnis . Ini adalah proses yang terintegrasi melalui mana perusahaan membangun hubungan pelanggan yang kuat dan menciptakan nilai bagi pelanggan mereka dan bagi dirinya sendiri.
Pemasaran adalah digunakan untuk mengidentifikasi pelanggan, memuaskan pelanggan, dan menjaga pelanggan. Dengan pelanggan sebagai fokus kegiatan, manajemen pemasaran adalah salah satu komponen utama dari manajemen bisnis. Pemasaran berevolusi untuk memenuhi stasis di pasar baru berkembang disebabkan oleh pasar yang matang dan overcapacities dalam 2-3 abad terakhir [kutipan diperlukan] Penerapan strategi pemasaran mengharuskan bisnis untuk mengalihkan fokus mereka dari produksi untuk kebutuhan yang dirasakan dan keinginan pelanggan mereka. sebagai sarana untuk tetap menguntungkan [kutipan diperlukan].
Konsep pemasaran jangka berpendapat bahwa mencapai tujuan organisasi tergantung pada mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan. Hal ini mengusulkan bahwa dalam rangka untuk memenuhi tujuan organisasi, organisasi harus mengantisipasi kebutuhan dan keinginan konsumen dan memuaskan ini lebih efektif daripada pesaing.
Istilah ini dikembangkan dari makna aslinya yang mengacu secara harfiah untuk pergi ke pasar untuk membeli atau menjual barang atau jasa. Dilihat dari sudut pandang sistem, proses penjualan pemasaran rekayasa adalah "serangkaian proses yang saling berhubungan dan saling tergantung dengan fungsi lain,  yang metodenya dapat ditingkatkan dengan menggunakan berbagai pendekatan yang relatif baru."
The Chartered Institute of Marketing mendefinisikan pemasaran sebagai  "proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan menguntungkan." Sebuah konsep yang berbeda adalah pemasaran berbasis nilai yang menyatakan peran pemasaran untuk berkontribusi meningkatkan nilai pemegang saham.  Dalam konteks ini, pemasaran didefinisikan sebagai [7 "proses manajemen yang bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan bagi pemegang saham dengan mengembangkan hubungan dengan pelanggan dihargai dan menciptakan keunggulan kompetitif."]
Praktik pemasaran cenderung dilihat sebagai industri kreatif di masa lalu, termasuk periklanan, distribusi dan penjualan. Namun, karena studi akademis pemasaran ekstensif menggunakan ilmu-ilmu sosial, psikologi, sosiologi, matematika, ekonomi, antropologi dan ilmu saraf, profesi ini sekarang secara luas diakui sebagai ilmu, yang memungkinkan berbagai universitas menawarkan Master-of-Science (MSc) program. Proses keseluruhan dimulai dengan riset pemasaran dan berjalan melalui pasar, perencanaan segmentasi bisnis dan eksekusi, berakhir dengan kegiatan promosi pra-dan pasca-penjualan. Hal ini juga terkait dengan banyak seni kreatif. Literatur pemasaran juga mahir dalam re-inventing sendiri dan kosa kata yang sesuai dengan waktu dan budaya.
Browne (2010) mengungkapkan bahwa supermarket menghabiskan jutaan dolar intensif meneliti dan mempelajari perilaku konsumen. Tujuan mereka adalah untuk memastikan bahwa pembeli meninggalkan toko mereka menghabiskan lebih dari yang mereka awalnya direncanakan. 'Pilihan' meneliti teori trolleyology menemukan bahwa banyak pembeli secara naluriah melihat ke kanan ketika mereka di supermarket.
Supermarket memindahkan produk untuk membingungkan pembeli sekitar, entry point lain taktik pemasaran. Konsumen psikolog Dr Paul Harrison (dikutip dalam Browne, 2010) menyatakan bahwa supermarket selalu menggunakan metodologi yang berbeda dari penjualan. Salah satu metode adalah melakukan overhaul rutin mengubah lokasi dari seluruh produk untuk memecahkan kebiasaan belanja, dan istirahat anggaran Anda. Harrison juga berpendapat bahwa orang yang berbelanja di counter searah jarum jam cenderung menghabiskan uang lebih dari belanja orang searah jarum jam. Konsumen psikolog (dikutip dalam Browne, 2010) melaporkan bahwa kebanyakan orang menulis dengan tangan kanan mereka, sehingga merupakan sifat biologis yang orang memiliki kecenderungan membelok ke kanan saat berbelanja, dapat dipahami bahwa supermarket memanfaatkan fakta ini. Ditemukan di sisi kanan menangkap biasanya menarik produk yang pembelanja impulsif mungkin membeli misalnya payung saat cuaca membosankan.

Evolusi Pemasaran.
Orientasi, dalam konteks pemasaran, berkaitan dengan persepsi atau sikap tegas memegang terhadap produk atau layanan, pada dasarnya menyangkut konsumen dan pengguna akhir. Sepanjang sejarah, pemasaran telah berubah dalam hubungannya dengan selera konsumen.

Sumber :  Wikipedia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar